Install Onenote di Linux

onenote di

Onenote adalah aplikasi pencatatan digital gratis buatan Microsoft yang fiturnya cukup lengkap. Aplikasi ini sempat menjadi andalan saya untuk membuat catatan meeting saat masih ngantor sebab apapun device yang saya bawa semua terinstall onenote, mulai dari laptop, tablet hingga handphone.

Sedangkan untuk keperluan catatan pribadi (hmm ini tepatnya sih.. catatan belanja titipan istri ya) saya biasanya menggunakan Google Keep, karena terasa lebih ringan, praktis dan tentu saja saat belanja yang saya bawa adalah handphone bukan tablet apalagi laptop.

Semenjak resign saya jadi jarang meeting menggunakan onenote, karena untuk project-project yang saya handle sekarang ini biasanya cukup menggunakan buku dan pulpen saja saat meeting, bahkan laptop pun jarang keluar dari tas.

Hal itu mungkin dikarenakan oleh skala projectnya yang nggak sebesar saat di tempat saya bekerja waktu dulu dan meetingnya juga lebih  sering sama owner langsung, jadi yang diobrolin juga sering ngalor ngidul alias gak seputar project aja.

Selain itu laptop yang saya gunakan juga berubah dari yang tadinya pakai prosesor i7, ram 16GB dan SSD 512 GB (punya kantor) menjadi i5, ram 8gb HDD 512 GB (pribadi), hal ini  membuat saya mulai melirik Linux sebagai OS untuk bekerja di rumah karena konon katanya lebih ringan digunakan dibanding Windows, dengan begitu semakin jauhlah saya dengan Onenote.

Di linux saya menggunakan aplikasi GNOME Note untuk pencatatan, aplikasi ini lebih ringan dan simple, sampai suatu saat saya ganti HD dan install ulang OS ternyata ada satu catatan penting yang hilang, hmm.. untungnya itu catatan hasil meeting dengan developer saya jadi saya bisa ajak meeting lagi untuk melengkapi ingatan saya. Coba kalo catatan meeting dengan client.. beuh bisa berabe!

Setelah mengalami kehilangan catatan penting saya mulai cari cara untuk bisa balik lagi ke Onenote namun tetap menggunakan OS Linux dan akhirnya saya menemukan P3X Onenote.

Apa sih P3X Onenote itu? ini sebenarnya merupakan  aplikasi browser independent yang memanfaatkan Onenote yang berada di Microsoft Office online tanpa menyibukkan browser yang biasa anda gunakan seperti Google Chrome, Mozilla Firefox atau yang lainnya. Berikut beberapa fitur P3X Onenote:

  • Tidak bergantung pada browser apa pun, karena bekerja dengan prosesnya sendiri.
  • Dapat menggunakan system try, yang mana memungkinkan Anda untuk menutup browser Anda sementara itu tetap berjalan di dalam system try.
  • Data di-cache, lebih cepat dibanding dengan membuka jendela baru dengan browser yang biasa anda gunakan.
  • Bisa sign in menggunakan akun pribadi maupun perusahaan.
  • Pada versi AppImage bisa update otomatis saat ada pembaruan.
  • Bisa untuk membuka aplikasi online Microsoft lainnya, akan tetapi tujuan kegunaan utamanya adalah untuk membuka Onenote.

Bagi anda yang ingin menginstall P3X Onenote, ini saya share cara instalasinya di linux ubuntu, dalam contoh ini saya menggunakan Elementary OS 20, tapi insya Allah tutorial ini diterapkan di semua distro debian/ubuntu. Berikut step-stepnya:

  1. Buat sebuah direktori dengan nama applications, atau boleh disesuaikan dengan yang anda suka (misal aplikasi atau apps)
    mkdir -p applications

    mkdir applications

  2. Masuk ke direktori yang sudah dibuat tadi
    cd applications

    cd applications

  3. Download aplikasi P3X Onenote
    wget https://github.com/patrikx3/onenote/releases/download/v2020.10.178/P3X-OneNote-2020.10.178.AppImage

    wget p3x onenote
    jika anda belum pernah menginstall wget sebelumnya, anda bisa install wget terlebih dahulu dengan menggunakan perintah berikut:

    sudo apt install wget

    atau bisa juga langsung download filenya di halaman ini: https://github.com/patrikx3/onenote/releases/tag/v2020.10.178
    Jika anda menggunakan wget, setelah download selesai akan ada pesan sebagai berikut
    p3x downloaded

  4. Ubah hak aksesnya supaya bisa di execute menggunakan perintah berikut
    chmod +x P3X-OneNote-2020.10.178.AppImage

    chmod p3x onenote

  5. Setelah hak aksesnya diubah anda bisa membuka P3X Onenote dengan perintah berikut
    ./P3X-OneNote-2020.10.178.AppImage

    open p3x command

  6. Taraang.. Onenote udah bisa dipakai, silahkan gunakan akun Microsoft anda untuk login dan mulai membuat catatan
    p3x window

Demikian sharing saya mengenai install Onenote di Linux, jika anda punya pertanyaan atau pengalaman yg berbeda terkait Onenote silahkan share di komentar.

Semoga bermanfaat

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *